Wednesday, July 26, 2017

5 Cara Sehat Memasak Ikan, Pilih Sesuai Jenisnya agar Lebih Lezat

Gaya, Jakarta - Biasanya orang-orang tidak mengolah ikan di rumah karena mereka tidak tahu cara mengolah ikan dengan benar. Setiap jenis ikan memiliki cara olah tersendiri, dengan begitu rasa yang dihasilkan lebih lezat. Tidak jauh berbeda dengan daging, ikan bertubuh ramping seperti red snapper memiliki lemak kurang dari lima persen. Sementara ikan dengan tubuh lebih berisi, seperti salmon memiliki kandungan lemak hingga 35 persen.

Ikan dengan lebih banyak kandungan lemak biasanya diolah dengan cara di bakar, kukus dan panggang. Sebagai pemula, Anda tentu harus dapat membedakan apa yang dimaksud dengan poaching(rebus dengan api kecil), stewing (rebus perlahan dengan cairan tidak terlalu banyak), broiling (panggang dengan pemanas), grilling (panggang dengan panas api tinggi) dan frying (goreng).

Saat membeli ikan, pastikan Anda melihat kelembapan, permukaan kulit yang mengkilap, warna insang cerah serta mata yang bening. Aromanya sendiri seharusnya tercium seperti aroma laut dan seperti ikan. Jangan beli ikan yang beraroma amis.ikan dengan garam, lada dan minyak zaitun atau rempah lain yang Anda inginkan. Masak selama 10 menit untuk masing-masing sisi, dengan catatan ketebalan daging minimal 1 inci atau 2,5 sentimeter dan dibalik setelah 6 menit pertama.

ESQUIRE | ESKANISA RAMADIANI

Baca Juga

5 Cara Sehat Memasak Ikan, Pilih Sesuai Jenisnya agar Lebih Lezat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan